b:include data='blog' name='all-head-content'/> Fungsi Penglihatan Anak Tunarungu | Istiqomah Blog | ABK Tuna Rungu
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pages

Banner 468 x 60px

Jumat, 15 November 2013

Fungsi Penglihatan Anak Tunarungu

2 komentar

Para ahli sering berpendapat bahwa indera pendengaran dan indera penglihatan dan pendengaran merupakan indera manusia yang sangat penting disamping indera lainnya. Apabila seseorang kehilangan salahsatunya maka ia berarti kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidupnya. Misalnya anak tuna rungu yang kehilangan indera pendengarannya. Untuk menggantinya dengan mengalihkan ke i
ndera penglihatan sebagai kompensasinya. Oleh karena itu bagi anak tuna rungu indera penglihatan adalah indera yang paling penting kemudian disusul indera indera lainnya.Walaupun keduanya adalah indera yang paling penting namun keduanya juga memiliki keterbatasan sesuai karakteristiknya .

Indera penglihatan memiliki karakteristik :
a. arah jangkauannya terpusat pada bidang mukanya
b. dibatasi oleh ruang spasial
c. bersifat statis dan menetap. Sedangkan

Indera pendengaran memiliki karakteristik :
a. dapat menjangkau segala arah
b. bersifat tempral
c. tidak dibatasi oleh ruang.
d. Satu satunya indera yang mengatur apa-apa yang dimengerti dari lingkungan kepada system saraf

Anak tunarungu tidak dapat menghadapi sesuatu yang terjadi dengan mengandalkan indera pendengarannya sehingga segala peristiwa atau kejadian yang ada dilingkungannya terjadisecara mendadak, tiba-tiba dan mengejutkan. Contohnya ketika tiba-tiba gelas pecah, ibu yang tiba-tiba membuka pintu tanpa tahu proses sebelumnya. Dengan demikian pengalaman yang dimiliki anak tuna rungu hanya tergantung pada indera penglihatan saja.
Peran penglihatan sebagai sarana memperoleh pengalaman persepsi visual dan sebagai ganti persepsi auditif anak tunarungu. Dapat dikatakan hilangnya ketajaman bagi anak tunarungu akan membuatdirinya tergantung pada indera penglihatan.


Sumber:
Efendi,Muhammad, 2005, Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan, Jakarta : Bumi Aksara


2 komentar:

Unknown mengatakan...

presepsi visual dan sebagai ganti persepsi auditif anak tunarungu maksudnya gimana mbk isty di jelaskan :)

Unknown mengatakan...

ooo begini kan anak tuna rungu tuh gak bisa denger suara apapun jadi mereka mengoptimalkan potensi penglihatan mereka untuk melakukan aktifitas kayak bicara pake bahasa isyarat yang menggunakan abjad jari, gerakan tangan, gerakan tubuh, gerakan bibir, dll melalui penglihatan mereka dapat mengerti hal hal yangg terjadi disekitarnya walaupun mereka gak denger suara suara disekitarnya. Makanya indera penglihatan anak tunarungu sangat penting bagi penyandang tunarungu sebagai pengganti indera pendengaran mereka yang rusak.

gimana ada yang masih bingung??

Posting Komentar

 
 
Istiqomah Blog | ABK Tuna Rungu © 2013 Template Designed by RenvileTieft. Supported by Isthy pm and Isthy Putri. Download this template: Template Blog.